.::SELAMAT DATANG ::. "Blog ini untuk berbagi Ilmu dan Pengetahuan Tentang Dunia Teknik Informatika. Semoga bermanfaat "

2013-01-02

Elemen Pengolahan Data Elektronik

1. CPU sebagai alat proses
Di dalam pengertiannya CPU adalah kumpulan dari beberapa perangkat keras ( hardware) yang bisa memahami dan melaksanakan beberapah perintah dari perangkat lunak (software).
CPU terdiri dari 2 bagian utama yaitu :
- ALU ( aritmatica logical unit)
- CU ( control unit )
- REGISTER
- ALU ( aritmatica logical unit )
Tugas utama dari ALU ialah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai denagan instruksi tambahan, pengurangan, perkalian dan sebagainya.
- CU ( control unit )
CU berfungsi mengatur proses kerja komputer. Baik proses kerja dalam CPU sendiri maupun hubungan dengan Input dan Output Device. Dengan adanya CU komputer akan berkerja secara benar dan tepat.
- REGISTER
REGISTER merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai akses kecepatan tinggi yang digunakan untuk menyimpan data dn instruksi yang sedang diperoses, sementara data dan instruksi lainnya masih disimpan di dalam memori utama untuk menunggu giliran diproses.
2. Komponen-komponen CPU
Di dalam CPU terdapat berbagai macam komponen perangkat keras yang digunkan untuk menjalankan komputer. Salah satu Hardwarenya adalah Harddisk, Diskdrive, Processor, Memori, VGA card, SoundCard, Motherboard, Usb Port, Dan lain-lain yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.
Nah untuk mengetahui fungsi dari hadware-hadware tersebut disni saya sebagai penulis blog akan menjelaskannya.
- ROM
ROM (Read Only Memory) merupakan salah satu bagian terpenting juga pada CPU, karena ROM berfungsi untuk menyimpan data untuk jangka waktu yang sangat lama. Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak karena bila terjadi ynag demikian, maka system pada komputer tersebut tidaka akan berfungsi. Biasanya isi dari ROM tersebut sudah ada dari pabrikan dan biasanya pula tidak bisa di ubah-ubah oleh program lain atau para user (pengguna).ROM bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pebedaan RAM dan ROM :
* RAM adalah sebuah alat yang digunakan komputer untuk menyimpan sebuah data atau program yang di olah sementara dan dapat diambil sewaktu-waktu. Dan jika komputer dimatikan maka data di komputer akan hilang. Dan RAM dapat diakses secara acak.
* ROM adalah sebuah alat penyimpanan data di komputer yang bersifat jangka panjang, maksudnya apa yang telah dimasukkan di dalam komputer tidak bisa di ubah-ubah, biasanya isi ROM telah ada dari pabrikan dan apabila listrik dalam komputer dimatikan data tersebut tidak hilang dan bersifat non volatile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar