.::SELAMAT DATANG ::. "Blog ini untuk berbagi Ilmu dan Pengetahuan Tentang Dunia Teknik Informatika. Semoga bermanfaat "

2013-01-03

Sistem Pengolahan Data Elektronik

Data

Istilah data berasal dari bahasa latin "DATUM" yang berarti fakta yang mengandung arti dan dihubungkan dengan kenyataan, simbol, angka, gambar, huruf, kata dan lain-lain.

Pengolahan Data
Pengloahan data adalah segala macam pengolahan terhadap data atau kombinasi - kombinasi dari berbagai jenis engolahan data untuk membuat data tersebut berguna sesuai dengan hasil yang di inginkan sehingga dapat segera digunakan. hasil pengolahan data ini sering di sebut informasi. informasi meliputi hasil gabungan, hasil analisa dan penyimpanan yang digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan yang objektif.

Sistem Pengolahan Data
Pengolahan data dan informasi merupakan satu kesatuan yang saling berhubungan dan bekerja sama, yang terdiri dari peralatan, tenaga pelaksana (operator), prosedur, data dan lain-lain sehingga pengelolaan ini merupakan suatu sistem pengolahan data. Sistem pengola data yang menggunakan peralatan komputer lebih dikenal dengan istilah Sistem Pengolahan Data Elektronik (Electronic Data Processing System).

Suatu system pengolahan data tana memandang peralatan yang digunakan dalam proses terdiri dari 3 komponen dasar yaitu:
  1. Data Mentah
  2. Proses Pengolahan Data
  3. Informasi ( hasil proses )
Untuk melakukan proses pengolahan data, maka diperlukan adanya sarana pengolahan data sebagai komponen pembentuk/pelengkap sistem data, yaitu :
  1. Peralatan Pengolahan Data
  2. Prosedur Pengolahan Data
  3. Tenaga Pelaksana Pengolahan Data
Data yang terkumpul ( hasil origination ) disusun ke dalam satu susunan data yang disebut file, yang merupakan kumpulan record ( satu unit data yang lengkap ) dimana terdiri dari field ( satuan informasi atau data yang sejenis ) sedangkan unit data terkecil yang mempunyai arti adalah byte yang membentuk suatu karakter huruf atau angka atau karakter khusus.

Perkembangan Sistem Pengolahan Data
Perkembangan pengolahan data dapat diuraikan sebagai berikut :
  1. Pengolahan data dengan sistem manual (manual device / system)
  2. Pengolahan data dengan sistem mekanik (mechanical device/system)
  3. Pengolahan data dengan sekelompok mesin (electro mechanical device )
  4. Pengolahan data denganj sistem elektronik (electronic device )

1 komentar:

  1. bagus,,
    Tapi kalo ngga salah data itu adalah bentuk jamaknya dari datum. jadi, data itu adalah kumpulan datum.
    Coba dicek lagi.

    BalasHapus